logo blog

Windows 7 & 8.1 Wajib Upgrade Dulu Ke Windows 10, Baru Clean Install !

Windows 7 & 8.1 Wajib Upgrade Dulu Ke Windows 10, Baru Clean Install !


Windows 7 & 8.1 Wajib Upgrade Dulu Ke Windows 10, Baru Boleh Clean Install !

Seperti yang sudah diketahui, Upgrade ke Windows 10 bersifat gratis sampai Akhir Juli 2016. Pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang ingin mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10 wajib melakukan proses upgrade sebelum melakukan clean install.

Pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang ingin Upgrade ke Windows 10 wajib memerhatikan hal ini sebelum upgrade. Upgrade ke Windows 10 sendiri memiliki beberapa cara yakni :

1. Melalui Aplikasi Get Windows 10.
2. Melalui Windows Media Creation Tool.
3. Melalui file ISO Windows 10.

Untuk cara yang paling pertama sudah bisa dilakukan sejak versi preview Windows 10. Aplikasi Get Windows 10 biasanya didapatkan melalui Windows Update [ KB3035583 ]. Namun beberapa user Windows 7 dan Windows 8.1 melaporkan bahwa mereka tidak mendapatkan notifikasi dari Microsoft soal aplikasi kecil ini.

Tetap jangan khawatir, kalian tetap bisa mengupgrade sistem operasi Windows 7 / 8.1 melalui Windows Media Creation Tool atau install melalui file ISO Windows 10 yang di download langsung dari Microsoft. Untuk upgrade melalui file ISO, kalian bisa lihat caranya disini.

Kenapa Harus Upgrade Terlebih Dahulu Sebelum Clean Install ?

Alasannya simpel, product key Windows 7 dan Windows 8.1 tidak akan bisa digunakan di Windows 10, jadi percuma saja langsung melakukan clean install sebelum upgrade terlebih dahulu. Clean Install hanya bisa digunakan apabila kalian memiliki serial Windows 10. Aktivasi di Windows 10 sendiri sedikit berbeda dengan versi Windows sebelumnya, karena Microsoft menyimpan ID Hardware PC yang sudah diupgrade kedalam server Microsoft.

Keuntungan dari Upgrade dahulu adalah apabila kalian memutuskan untuk install ulang Windows 10 di PC yang sama dengan spesifikasi yang sama ( baik Motherboard, Prosessor, Hardisk ) maka kalian tidak perlu lagi memasukkan product key dan akan langsung aktif begitu terkoneksi ke Internet.

Perlu diingat, Product Key yang didapat dari hasil upgrade Windows 7 / Windows 8.1 ke Windows 10 merupakan generic product key. Maksudnya setiap orang yang upgrade dari Windows 7 / 8.1 ke Windows 10 akan memiliki product key yang sama.

Karena Microsoft menyimpan ID Hardware kalian kedalam server mereka, apabila kalian memutuskan untuk mengganti Motherboard / Prosessor / Hardisk yang sebelumnya terinstall Windows 10, ada kemungkinan kalian akan kehilangan aktivasi kalian.

Share this:

Enter your email address to get update from Software Manja.

Tidak ada komentar

Copyright © 2015. Software Manja | Template Created by Kompi Ajaib | Template Modification by Mantri Soft | Powered by Blogger